peringkat liga prancis

Wabah COVID-19 yang melanda dunia perlahan tapi pasti mulai terkendali, dunia sepak bola juga mulai membicarakan kelanjutan kompetisi. Bundesliga bahkan sudah mulai latihan lagi awal bulan ini, Serie A dan La Liga juga akan memulai latihan 4 Mei. Tapi di sisi lain, Perdana Menteri Prancis justru mengumumkan semua acara olahraga dihentikan hingga September, artinya Ligue 1 dan Ligue 2 musim ini tak akan dilanjutkan.
Sesuai rencana awal, Ligue 1 dan Ligue 2 akan mulai latihan Mei, kompetisi dimulai Juni. Tapi keputusan pemerintah Prancis membuat semua itu pupus, Ligue 1 menjadi liga top Eropa pertama yang tak akan dilanjutkan musim ini, mereka akan menghadapi banyak pekerjaan dan tekanan publik ke depan. Dikabarkan, Federasi Sepak Bola Prancis akan rapat Mei membahas juara dan promosi-degradasi musim ini.

Sisa 10 pertandingan Ligue 1, akankah seperti Eredivisie, musim dihentikan tanpa juara dan promosi-degradasi?
Saat ini, PSG yang memimpin klasemen jauh di depan, unggul 12 poin dari Marseille di posisi 2. Jika musim dihentikan, gelar juara untuk PSG sepertinya wajar, tim lain juga tak akan banyak protes.
Potensi sengketa justru kemungkinan terjadi soal tiket Eropa. Saat ini, dari Reims di posisi 5 sampai Nantes di 11, hanya terpaut 4 poin. Jika hanya berdasar klasemen sebelum kompetisi dihentikan untuk tentukan wakil Eropa musim depan, banyak tim tak akan puas.
Realitas paling kejam, penghentian lebih awal musim ini, Federasi Sepak Bola Prancis pasti menghadapi tuntutan ganti rugi besar dari klub-klub, sponsor dan pemegang hak siar.
Selain Ligue 1 dan Ligue 2, kompetisi lain yang dipastikan dihentikan lebih awal adalah National dan Division 1 Féminine, total ada 4 kompetisi.
Perdana Menteri Prancis juga menyebut, dalam kondisi ideal, Piala Prancis diharapkan digelar awal Agustus, dilanjut Piala Liga, baru Liga 1 musim 2020-2021 dimulai September.

Berdasar informasi di atas, mari bahas peringkat akhir Ligue 1 musim ini:
Peringkat Akhir Ligue 1 Prancis
Paris Saint-Germain – 68 poin
Marseille – 56 poin
Rennes – 50 poin
Lille – 49 poin
Reims – 41 poin
Montpellier – 40 poin
Nice – 40 poin
Metz – 40 poin
Angers – 40 poin
Lens – 40 poin
Nantes – 37 poin
Dengan jarak 12 poin dari Marseille, PSG dipastikan juara Ligue 1 musim ini. Tapi soal wakil Eropa, dari Reims di posisi 5 sampai Nantes di 11, hanya terpaut 4 poin. Jika hanya berdasar klasemen ini, banyak pihak tak akan puas.

Selain itu, Federasi Sepak Bola Prancis juga harus hadapi tuntutan ganti rugi besar dari klub-klub, sponsor dan pemegang hak siar akibat penghentian lebih awal musim ini.
Kompetisi lain yang juga dihentikan lebih awal adalah National, Piala Prancis, Piala Liga dan Division 1 Féminine. Dalam kondisi ideal, Piala Prancis diharapkan digelar awal Agustus, baru Liga 1 musim 2020-2021 dimulai September.
Penghentian Ligue 1 lebih awal ini tentu saja menghadirkan banyak masalah. Tapi kesehatan dan keselamatan semua pihak adalah yang terpenting. Kita berharap pandemi ini segera berlalu, sepak bola Prancis bisa kembali normal di musim depan. Saksikan league 1 perancis hanya di jalalive.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *